Bahasa IndonesiaEnglish

Asbindo Youtube Asbindo Flickr Asbindo Yahoo Groups Asbindo Facebook

Krisan

PDFCetakE-mail

Chrisant in Indonesia Chrisant in Indonesia 2

Chrisant - Krisan (Chrysanthemum)

Deskripsi

Bunga krisan berasal dari Asia dan Timur Laut Eropa. Banyak sekali hibrida dan ribuan kultivar dikembangkan untuk tujuan holtikultura, dan menghasilkan krisan dengan berbagai macam variasi warna. Menurut US National Chrysanthemum Society, Inc , Krisan mekar dibagi 13 bentuk yang berbeda, yang sesuai dengan sistem klasifikasi internasional. Bentuk bunga dibagi berdasarkan bagaimana mahkota disusun:

  1. Irregular Incurve (membengkok tidak rata): raksasa pada dunia krisan. Sering tidak ditunaskan untuk membentuk bunga besar tunggal yang mekar (ogiku),  kelopak bunga tersembunyi, mahkota bunga yang menyembunyikan kelopak bunga juga ada yang bergantung  membentuk “rok’.
  2. Reflex : kelopak bunga disembunyikan, dan mahkota bunga tersusun ke atas dan membentuk penampilan seperti pel.
  3. Regular Incurve (membengkok rata): hampir sama dengan irregular incurves, Similar to the irregular incurves, hanya saja biasanya bentuk mekar lebih kecil dan berbentuk hampir bulat sempurna. Kelopak bunga tersembunyi. Bentuk ini biasa disebut “Chinese”.
  4.  Decorative: hampir sama dengan bentuk “reflex” tetapi tanpa penampilan seperti pel. Kelopak bunga tersembunyi dan mahkota bunga biasanya tidak tegak 90 derajat terhadap batang.
  5.  Intermediate Incurve: bentuk mekar antara Irregular dan Regular incurves baik ukuran dan bentuk. Biasanya memiliki kuntum yang longgar dan lebih luas. Kuntum bunga tersembunyi.
  6. Pompon: *Catatan pengejaan bukan “pompom”. Bunga mekar berganda, ukuran kecil, dan bentuk nyaris bulat sempurna.
  7. Single/Semi-Double: bentuk mekar dengan menunjukkan kelopak bunga, memiliki 1 sampai 7 helai mahkota. Pada umumnya membentuk sudut kurang dari 90 derajat terhadap batang.
  8. Anemone: Kelopak bunga tampak jelas, kadang-kadang terangkat dan dibayangi oleh mahkota.
  9. Spoon: Kelopak bunga terlihat dan mahkota bunga berbentuk spatula panjang.
  10. Quill: kelopak bunga tersembunyi dan mahkota bunga berbentuk seperti pipa.
  11. Spider: Kelopak bunga tersembunyi dan mahkota bunga berbrntuk seperti pipa dengan ujung berduri dan menggantung di sekitar batang.
  12. Brush & Thistle: kelopak bunga terlihat. Mahkota bunga berbentuk seperti tabung dan menutupi seluruh kepala bunga atau sejajar dengan batang
  13. Exotic: Jenis mekar yang bertentangan dengan klasifikasi karena memiliki atribut lebih dari satu dari semua tipe mekar yang ada.

Tips Perawatan

Pastikan bunga dapat menyerap air segar. Hal ini dapat membantu menghindari daun layu karena terdapat gelembung air pada batang. Bersihkan vas dengan benar sebelum digunakan. Jangan mematahkan atau mencabut batang, potong batang menggunakan pisau tajam. Bunga krisan dapat bertahan seminggu dalam vas.

Lokasi Penjualan.

Alam Indah Bunga Nusantara (0263) 581610, Saung Mirwan (0251) 8241269, Bunga Lima benua (021) 8416933, Ciputri (021) 7805549, Rose farm (021) 65834009,
Sarkad Saleh (0263) 524325, Wahana Kharisma Flora (031) 5474286