Bahasa IndonesiaEnglish

Asbindo Youtube Asbindo Flickr Asbindo Yahoo Groups Asbindo Facebook

Forever Green Indonesia

Forever Green Indonesia: Merangkai Bunga Ramah Lingkungan dan Menghijaukan Bangunan

PDFCetakE-mail

Demonstrasi merangkai bunga oleh Gregor Lersch merupakan awal dari rangkaian acara Forever Green Indonesia dan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2013 di Jakarta Design Centre. Merupakan pengalaman yang langka bagi para florist dan perangkai bunga yang mengikuti kegiatan ini karena seperti diketahui bersama bahwa Gregor adalah master dalam floral arrangement yang juga pemerhati kelestarian bumi.

Dalam demonstrasinya, seperti yang telah dilakukan pada tahun 2009 pada acara bertajuk sama, Gregor menggunakan materi-materi florikultura lokal dan juga materi yang di luar dugaan peserta bisa dirangkaikan dengan apik bersama dengan bunga atau daun potong. “Saya menggunakan bambu, sabut pakis, dan ranting pohon bukan tanpa alasan, tapi ini menantang saya untuk mengkreasikannya menjadi suatu hal yang menarik, dan untuk menunjukkan bahwa semuanya disediakan alam untuk kita dan kita harus menjaganya.” Tutur Gregor usai acara.

participant FGI 2013

Peserta yang berasal dari berbagai kota ini menyatakan cukup puas dengan apa yang disajikan oleh Gregor. Sebanyak 10 peserta tak hanya mengikuti acara demonstrasi tetapi juga One Day Class di lokasi yang berbeda, Hotel Indonesia Kempinski pada hari berikutnya. Gregor memberikan kelas khusus untuk lebih menjelaskan hal-hal teknik kepada peserta.

Selengkapnya...

 

Edukasi berkebun Kreatif dan Tanam Tuktuk

PDFCetakE-mail

Gaya hidup hijau dapat dijalankan dengan berbagai cara. Mengurangi konsumsi berlebihan, ketahanan pangan yang dicapai melalui home farming dan urban farming juga salah satu bentuk dari penerapan gaya hidup hijau di masyarakat perkotaan.

Memiliki lahan yang sempit bukan merupakan alasan bagi rumah tangga untuk tidak menanam. Seiring dengan gaya hidup hijau yang semakin dikenal oleh masyarakat luas, pemanfaatan media tanam kreatif juga menjadi perhatian. Sejauh mana, rumah tangga bisa menggunakan benda yang nyaris menjadi sampah sebagai pengganti pot.

ASBINDO bekerjasama dengan Indonesia Berkebun dan Grand Indonesia Shopping Mall menyelenggarakan edukasi gaya hidup hijau berupa Berkebun Tanaman Hias secara kreatif dan Edukasi Tanam Bawang Tuktuk skala rumah tangga. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Forever Green Indonesia yang diselenggarakan tanggal 29 June 2013.

Education creative gardening

Pada sesi edukasi berkebun tanaman hias kreatif, Lusi Saleh (Edelweiss Cantiqa Lestari-ASBINDO) yang menjadi tutor mengatakan bahwa banyak jalan untuk bisa dikatakan berkebun kreatif. “Kita harus membuka mata kita lebar-lebar, banyak sampah yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti pot, misalnya bekas pouch minyak goreng bisa menjadi pengganti polibag, kaleng bekas, bahkan sepatu juga bisa.” Tuturnya seraya memperagakan pemanfaatan benda bekas. Selain tempat menanam, media tanam yang dapat digunakan juga bermacam, mulai dari rockwoll, hidrogel, dan juga gabus.

Selengkapnya...

 
 

Halaman 1 dari 2