Bahasa IndonesiaEnglish

Asbindo Facebook Asbindo Instagram Asbindo Twitter

Artikel Hijau

Apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan Green City serta bagaimana perkembangan Kota Hijau di Indonesia. Terkait dengan Green Services yang diinisiasi oleh ASBINDO, dalam pengembangan Kota Hijau terdapat banyak hal yang sebaiknya diperhatikan. ASBINDO berusaha untuk meberikan informasi dan edukasi yang berhubungan dengan Kota Hijau dan akan berbagi dengan Anda di halaman ini.

Jika Anda memiliki informasi atau artikel yang berhubungan dengan Green Services, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Anggrek Catasetum yang Cantik dan Unik

PDFCetakE-mail

Catasetum merupakan salah satu jenis anggrek epifit (tumbuhan yang hidup dengan cara menumpang hidup pada tanaman lain). Jenis anggrek ini banyak ditemukan di benua Amerika dengan jumlah species terbanyak di negara Brazil.


Download File
Download this file (Angrek Catasetum.pdf)Angrek Catasetum.pdf[ ]273 Kb1 Download
 

Produk Baru vs Produk Lama

PDFCetakE-mail

Produk florikultura adalah produk yang bagian atau keseluruhannya dapat dimanfaatkan untuk menciptakan keindahan, keasrian dan kenyamanan di dalam ruang tertutup atau terbuka. Produk yang merupakan salah satu dari komoditas hortikultura ini mempunyai nilai ekonomi tinggi dan memiliki prospek yang sangat cerah sebagai produk unggulan ekspor maupun untuk pasar di dalam negeri.

Download File
Download this file (Produk Baru vs Produk Lama.pdf)Produk Baru vs Produk Lama.pdf[ ]27 Kb2 Downloads
 
 

Sertifikasi GAP untuk Pasar Ekspor Florikultura

PDFCetakE-mail

Seperti halnya dengan produk dunia industri, baik elektronik, peralatan medis, otomotif maupun yang lainnya, penerapan sertifikasi produk dalam agroindustri juga mulai menjadi tuntutan pasar ekspor.

Download File
Download this file (SERTIFIKASI GAP UNTUK PASAR EKSPOR FLORIKULTURA.pdf)SERTIFIKASI GAP UNTUK PASAR EKSPOR FLORIKULTURA.pdf[ ]134 Kb1 Download
 
 

Sanitasi Tanah

PDFCetakE-mail

Kita yang sudah berkebun dari tahun ke tahun pasti sudah mengenal yang disebut dengan sanitasi tanah. Seperti yang sudah diajarkan ataupun dibaca dari majalah, journal, termasuk pembicaraan diantara petani, bahwa ada beberapa cara untuk sanitasi tanah.

Pertama, yang paling umum dan ampuh serta aman untuk lingkungan adalah dengan steam. Uap udara panas disuntikan (dimasukkan) ke dalam tanah yang sudah ditutupi plastik sehingga uap tidak keluar. Cara ini efektif namun alatnya sangat mahal.

Ada cara lain yang relatif lebih murah untuk sanitasi tanah, yaitu dengan memakai hydrogen peroksida 50%.   Setelah tanah diaduk dengan pupuk dasar dan kompos, serta bedengan telah dibentuk,  larutan hydrogen peroksida dengan dosis 7 cc per liter disiramkan ke lahan. Mengingat hydrogen peroksida adalah bahan keras, perlu diperhatikan dalam penyiramannya,.  Dalam pencampuran bahan ini harus menggunakan sarung tangan dan penyiramannya menggunakan gembor, sebanyak 750 – 1.000 cc per m2.  Kalau ada larutan berlebih dapat ditambahkan  Anfush 5 gram per liter air.  Lahan  tidak perlu ditutup plastik, tetapi jika ada  sisa plastik bekas pengganti atap rumah naungan yang bersih lahan dapat ditutupi plastik.  Lahan dapat ditanami setelah  5 hari.  Cara ini saya lakukan  di kebun saya untuk budidaya celosia.

Dengan pemberian hydrogen peroksida dapat diperoleh hasil yg lebih baik,  karena dengan cara  ini lahan menjadi bebas pytopthora dan pythium.  Silahkan dicoba, semoga berhasil.



 
 
 
 

Halaman 1 dari 3