Bahasa IndonesiaEnglish

Asbindo Youtube Asbindo Flickr Asbindo Yahoo Groups Asbindo Facebook

Tanaman Pot

Coelogyne pandurata

PDFCetakE-mail

Coelogyne pandurata

Coelogyne pandurataDeskripsi

Tanaman ini adalah spesies anggrek yang berasa dari Kalimantan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 anggrek ini termasuk kedalam tumbuhan yang dilindungi. Anggrek hitam merupakan anggrek epifit yang hidupnya menumpang pada tanaman inang. Penyebaran marga tanaman ini adalah Kalimantan dan Sumatera, dengan habitat hidup di pohon-pohon tua dekat sungai di hutan primer (kelembaban relatif tinggi). Tanaman ini dapat diperbanyak secara vegetatif dan generatif.

Bunganya berwarna hijau muda dan lidah berwarna hitam. Dalam sebulan dia akan berbunga 4-5 kali dalam sebulan dengan lama mekar bunga ±7 hari

Sumber gambar

Tips Perawatan

Penyiraman anggrek dapat dilakukan dua kali sehari (pagi dan sore) saat tanaman masih berusia muda, selanjutnya cukup disiram sehari sekali. Pupuk tanaman ini dua kali dalam sebulan. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari 50-70%.

Lokasi Pembelian

Melrimba Sentra agrotama (021 7545102, 7545067)

 
 

Mandevilla

PDFCetakE-mail

Deskripsi

Mandevilla

Mandevilla adalah tanaman yang tumbuh sepanjang musim. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Apocynaceae. Tanaman yang saat ini terdiri dari sekitar 100 spesies, sebagian besar tropis dan tanaman merambat berbunga.

Mandevilla adalah tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan banyak terdapat di Rio de Janeiro, Brasil. Bunga-bunga datang dalam berbagai warna, termasuk putih, merah muda, kuning, dan merah. Sebagai tanaman merambat, Mandevillas dapat dirambatkan di dinding atau teralis.

Tips Perawatan

Tanaman ini tumbuh dengan baik di iklim hangat. Siram menggunakan air hangat yang tidak memiliki kandungan asam yang tinggi. Beri pupuk sekali setiap tahun, pada saat menjelang berbunga. Pangkas ujung selama dan pada akhir musim tumbuh. Perbanyakan dapat dilaksanakan pada akhir musim, dengan menanam potongan tunas dalam pot dan membungkus pot dengan plastik di bagian bawah.

Lokasi Pembelian

Benara Nurseries (0264) 351030-34

 
 

Aglaonema

PDFCetakE-mail

Aglaonema

Deskripsi

Aglonema adalah jenis tanaman daun dengan jumlah sekitar 40 spesies yang termasuk dalam keluarga Araceae, tanaman ini berasal dari rawa-rawa dan hutan tropis Asia Tenggara, Bangladesh, Filipina, Cina Utara dan china Selatan.  Tidak terdapat nama umum untuk tanaman ini.  Tanaman ini tumbuh sepanjang tahun dengan tinggi sekitar 20-150 cm. Bunga aglonema pada umumnya tidak mencolok, berwarna putih atau hijau keputihan.

Perawatan

Tanam aglonema pada media yang tidak terlalu keras. Karena media yang keras dapat menyebabkan pertumbuhan akar terganggu dan sulit berkembang. Siram dengan air segar secukupnya, tapi jangan sampai air menggenangi pot. Pupuk secukupnya menggunakan pupuk non-kandang sebulan sekali. Bersihkan daun dari debu dan serangga.

Lokasi Pembelian

Pesona Daun Mas Asri (0251) 8242888, Bina Usaha Flora (0263) 581624.

 
 

Halaman 1 dari 4