Bahasa IndonesiaEnglish

Asbindo Facebook Asbindo Instagram Asbindo Twitter

Mewujudkan Kota Hijau Dengan Peran Komunitas

PDFCetakE-mail

Jakarta merupakan salah satu kota dengan tingkat polusi yang tinggi. Sampah, asap kendaraan, asap pabrik, dan pencemaran sungai menjadi penyumbang polusi di Jakarta. Banyaknya kegiatan yang tidak menunjukkan cinta bumi seperti membuang sampah tidak pada tempatnya, penebangan pohon, pencemaran sungai, dan lain sebagainya perlu diimbangi dengan gerakan yang mendukung pola hidup hijau. Kampanye penyelamatan lingkungan dilakukan di berbagai tempat dan dengan berbagai cara.

Green Community Taman kota


Salah satu cara untuk mengkampanyekan penyelamatan lingkungan adalah dengan memaksimalkan peran komunitas. Komunitas adalah sekelompok individu yang kekhasan dan keunggulan tersendiri karena memiliki kesamaan visi, misi, dan juga memiliki keterikatan lebih kuat. Komunitas-komunitas hijaupun mulai terbentuk untuk mewujudkan kota-kota besar di Indonesia menjadi kota yang bersih dan nyaman untuk ditempati.

Beberapa komunitas yang mendukung terwujudnya kota hijau adalah komunitas diet kantong plastik, urban farming, bike to work, dan lain sebagainya. Terkait dengan program pengembangan kota hijau dan impian sebagian besar dari penduduk kota besar, kegiatan-kegiatan dari komunitas ini sangat bermanfaat dan pada umumnya penyebaran informasinya juga sangat cepat. Komunitas-komunitas ini juga memanfaatkan fasilitas media sosial (Facebook, Twitter, blog, dan sebagainya) di internet, dengan demikian diharapkan para pengguna internet dapat mengetahu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas tersebut.

Selain itu, sinergi dari komunitas-komunitas dalam mewujudkan kota hijau juga akan menjadi inspirasi bagi individu lain yang berada di kota yang sama untuk ikut menjaga kota dan melestarikan bumi.